21 Oktober 2020

PASTIKAN SISTEM IMUN KITA SIAP DI MASA NEW NORMAL

Ada beberapa hal yang baiknya kita perhatikan terkait nasa new normal dimana kita dituntut untuk melakukan aktifitas normal dimasa pandemi covid-19 belum berakhir. Kata kunci adalah selalu menjaga kesehatan dan pertebal imun tubuh kita.

Dikutip dari halodoc.com bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar sistem imun tetap kuat saat new normal, di antaranya:

1. Memiliki Pola Makan Sehat

Jika ingin sistem imun tetap kuat, kamu perlu memperbaiki pola makan sehari-hari menjadi lebih sehat. Misalnya, dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan alami untuk membantu tubuh melawan radikal bebas, yang bisa melemahkan sistem imun.

Selain itu, imbangi juga dengan konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sebab, kunci dari pola makan sehat adalah kandungan nutrisi yang seimbang.

2. Olahraga Rutin dan Perbanyak Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik atau olahraga rutin terbukti mampu meningkatkan sistem imun dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Jadi, sempatkanlah waktu setiap harinya untuk berolahraga ringan, setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Kamu juga bisa memperbanyak aktivitas fisik, seperti memilih berjalan kaki atau bersepeda ketika bepergian.

3. Hindari Stres

Stres berkepanjangan adalah momok yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Mengapa demikian? Stres yang berkepanjangan meningkatkan produksi hormon kortisol, yang kemudian mengganggu kerja sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Jadi, sebisa mungkin, coba kelola stres dengan baik agar sistem imun bisa terjaga.

4. Istirahat yang Cukup

Meskipun terdengar sepele, istirahat yang cukup juga merupakan salah satu kunci dalam menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat.

5. Konsumsi Suplemen Penunjang Sistem Imun

Terkadang, mengikuti tips menjaga sistem imun tubuh yang telah dipaparkan tadi bisa saja belum cukup. Mengingat sistem imun memang tidak selalu dalam kondisi optimal. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi suplemen untuk menunjang kekuatan sistem imun tubuh.

EKO YULI CHRISTANTO (SEKRETARIS DESA)    WAHYU EKO ENDRIYANI (KASIE PELAYANAN)    FIAN AGUNG TRIANTORO (KASIE PEMERINTAHAN)    ISTIFAHRUL LAILY RAMADHANTI (KAUR KEUANGAN)    BAYU SETIAWAN (KAUR PERENCANAAN)    REJEKI (KAUR TU DAN UMUM)    SETU WIBOWO (KAMITUWO 1)    SUJIONO (KASI KESEJAHTERAAN)    UJIEK PUSPITASARI (KAMITUWO)