12 September 2024

BANTUAN PITIK SAK-ENDOKE UNTUK KELUARGA RAWAN STUNTING (RKS)

KARANGSONO MONCER - Penyaluran bantuan sosial pangan berisi ayam dan telur untuk Keluarga Rawan Stunting (KRS) di wilayah Kec. Barat disalurkan Kamis (12/9/2023), kepada 105 KRS.

Bantuan KRS tersebut berisi 1 kilogram daging ayam dan 10 butir telur ini disalurkan oleh PT Pos Indonesia wilayah Barat kepada 105 Keluarga Rawan Stunting (KRS) yang berada di wilayah Kecamatan Barat dan untuk Desa Karangsono sendiri sejumlah 16 KPM. Data penerima bantuan tersebut sesuai dengan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Bantuan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan taraf kesehatan dan kesejahteraan warga yang rawan Stunting. Sehingga dengan adanya bantuan ini angka stunting bisa terus ditekan.

Dalam penyaluran bantuan tersebut dipantau langsung oleh Kasi Kesra Kec. Barat ibu Mujiati. Pihaknya melaksanakan koordinasi dengan PT Pos Indonesia Wilayah Kec. Barat dan PLKB Kec. Barat untuk sistem penerimaan bantuan harus sesuai dengan data berdasarkan by name by addres sesuai data yang dari pusat, tambahnya.

Salah satu warga yang telah menerima bantuan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan bantuan kepada kami, ungkap Kasi Kesra Kec. Barat yang telah bertanya kepada salah satu warga penerima bantuan tersebut.

Bansos KRS adalah bantuan sosial yang diberikan kepada Keluarga Risiko Stunting (KRS). Bantuan ini berupa telur dan daging ayam yang disalurkan oleh pemerintah melalui BUMN holding pangan, ID Food. 

KRS adalah data yang menggambarkan jumlah dan sebaran keluarga yang berisiko melahirkan anak stunting.

Pemberian bansos KRS bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada keluarga sasaran agar bantuan tersebut menjadi contoh konsumsi makanan sehari-hari. Dengan demikian, peserta akan termotivasi untuk mengonsumsi makanan yang layak dan bergizi.

EKO YULI CHRISTANTO (SEKRETARIS DESA)    WAHYU EKO ENDRIYANI (KASIE PELAYANAN)    FIAN AGUNG TRIANTORO (KASIE PEMERINTAHAN)    ISTIFAHRUL LAILY RAMADHANTI (KAUR KEUANGAN)    BAYU SETIAWAN (KAUR PERENCANAAN)    REJEKI (KAUR TU DAN UMUM)    SETU WIBOWO (KAMITUWO 1)    SUJIONO (KASI KESEJAHTERAAN)    UJIEK PUSPITASARI (KAMITUWO)